internet ios pengetahuan smartphone Teknologi

Singapore dan AmePlan Quantum CubeSat untuk Peluncuran 2021

Sebuah proyek satelit kuantum kecil dapat membuka jalan bagi jaringan komunikasi kuantum global. Komunikasi global yang sangat aman agen bola distribusi kunci kuantum akhirnya dapat dimungkinkan oleh sekelompok kecil CubeSats. Singapura dan Inggris ingin menunjukkan kemungkinan itu melalui proyek internasional senilai 13 juta dolar yang bertujuan meluncurkan satelit komunikasi kuantum kecil pada 2021.

Pengumuman ini muncul hampir tepat setahun setelah demonstrasi perintis China tentang bagaimana satelit dapat memberikan kunci rahasia satu kali yang secara teori tidak dapat ditekan oleh prinsip-prinsip fisika kuantum antara stasiun darat yang terletak di bagian lain dunia. Dengan mengembangkan satelit kuantum dalam paket yang jauh lebih kecil dan lebih terjangkau, Singapura dan Inggris dapat agen bola mempercepat penyebaran global konstelasi satelit kuantum yang dapat menghubungkan kota-kota di seluruh dunia. “Tidak ada yang pernah mencoba melakukan ini dengan satelit kecil,” kata Alexander Ling, kepala Quantum Technologies Center di National University of Singapore.

The Singapore-U.K. proposal untuk distribusi kunci kuantum tergantung pada pasangan foton – partikel tunggal cahaya – yang ada dalam keadaan belitan kuantum. Sementara itu, mata-mata yang mencoba mencegat kunci rahasia akan digagalkan oleh fisika kuantum. Tindakan hanya mencoba membaca informasi yang terkandung dalam agen bola foton akan mengubah situasi mereka dan memberi tahu penerima bahwa kunci telah dikompromikan. Perubahan ke satu foton dapat mempengaruhi bentuknya, memungkinkan foton yang terikat untuk bertindak sebagai pembawa pesan kuantum identik untuk membawa kunci rahasia yang dapat mengenkripsi panggilan video atau transmisi data lainnya.

Jaringan distribusi kunci kuantum berbasis satelit dapat menawarkan peretasan alternatif untuk algoritma kunci publik biasa yang menangani hampir semua komunikasi data dunia yang digunakan dalam perbankan modern dan sistem pembayaran agen bola. Cina telah maju sebagai pemimpin dalam membangun jaringan serat berbasis darat untuk bertukar kunci kuantum dan menguji kemungkinan jaringan komunikasi satelit kuantum. Pada tahun 2016, China meluncurkan satelit kuantum pertama di dunia dan kemudian melakukan beberapa demonstrasi untuk distribusi kunci kuantum berbasis satelit.

Singapura-Inggris bersama. Tim ini juga menetapkan patokan untuk komunikasi kuantum di tahun yang sama dengan peluncuran satelit China. Terbaru dan jauh lebih ambisius. sebuah upaya untuk agen bola menempatkan twist khusus pada konsep satelit kuantum dengan mencoba membuatnya bekerja dalam ukuran kecil CubeSat. Sementara satelit kuantum China berbobot lebih dari 600 kilogram, desain akhir untuk Singapura-Inggris. Satelit, dijuluki “QKD QKESAT” mungkin lebih dekat ke 12 kg dan seukuran kotak sepatu. Sebelum peluncuran China, kelompok tersebut berhasil meluncurkan dan menguji sistem kuantum ringkas yang dapat membuat dan mengukur pasangan foton yang berkorelasi sebagai prekursor untuk membuat pasangan foton terjerat.

Menempatkan sistem komunikasi kuantum pada satelit yang lebih kecil berarti hanya ada sedikit ruang untuk cadangan sistem cadangan, jika sistem gagal. Singapore Quantum Technologies Center telah menguji kemampuan sistemnya untuk bertahan hidup dalam kondisi yang keras – termasuk simulasi getaran peluncuran roket dan siklus suhu ekstrim yang serupa dengan yang ditemukan di ruang angkasa. Sangat senang mengatakan bahwa tes terakhir yang kami lakukan menunjukkan bahwa sistem ini bertahan dalam kondisi yang cukup dramatis

Tantangan besar lainnya untuk satelit kuantum kecil berhasil mengirimkan kunci yang terkandung dalam foton dari ruang angkasa ke Bumi. Foton handoff membutuhkan penyelarasan yang tepat antara agen bola teleskop lebih dari satelit kuantum dan teleskop di stasiun bumi. Untuk CubeSat kecil, mempertahankan teleskop penyelarasan akan mengharuskan semua satelit untuk terus menyesuaikan orientasi mereka di orbit ketika melacak stasiun darat yang tepat.

Hingga saat ini, kontrol yang tepat seperti itu akan sulit dilakukan di kapal kecil CubeSat. Di situlah keahlian tim Inggris sangat berguna. RAL Space RUS Space Group di Rutherford Appleton Appleton, bertugas mengembangkan platform CubeSat dan pelacakan optik untuk teleskop yang dapat mencapai akurasi penunjuk ekstrim dan melacak stasiun bumi dengan benar. Pengumuman QKD Qubesat dimulai dari apa yang digambarkan periode pengembangan desain 24-bulan yang sangat intens dari konsep awal hingga desain akhir. Ini jauh dari satu-satunya upaya untuk mengecilkan sistem komunikasi kuantum menjadi paket ukuran CubeSat. Tetapi jika semua berjalan dengan baik, kerjasama dan ilmuwan yang mencakup dunia dapat mencapai yang pertama dalam perlombaan untuk menyebarkan komunikasi kuantum dalam ruang angkasa.