Teknologi

Awas Jangan Sampai Tertipu! Ini Beda Dari Windows 10 Resmi Dengan Windows 10 EOM Bajakan!

http://www.supersakura777.com – Percaya tidak, bahwa selain lagu dan film, Windows merupakan hal kedua yang paling banyak dibajak. Software disini, bisa berupa apa saja. Bisa berupa games online, bisa berupa sebuah aplikasi komputer dan mobile, atau bahkan sebuah sistem operasi. Nah, hal di atas pastinya sudah tak asing lagi bukan, mengingat mungkin beberapa dari kamu (sayangnya) masih banyak yang menggunakan software bajakan ini?

Kita tak akan membicarakan mengenai baik buruk atau bahkan larangan menggunakan software bajakan. Karena sebenarnya sudah sangat jelas sekali mengapa kamu sebaiknya, tak boleh dan tak pernah menggunakan software bajakan.

windows
windows

Yang pertama, melanggar hukum. Nyaris di semua negara saat ini sudah diterapkan peraturan mengenai hak cipta yang ketat. Dimana menggunakan, mengedarkan, dan memperjual belikan software digiital pun akan mendapatkan hukuman yang cukup berat.

Belum lagi bahaya untuk gadget dan perangkat yang kamu gunakan sendiri. Dimana kerap kali, perangkat ini tak akan bisa bekerja maksimal bila menggunakan software bajakan. Hayoo.. ngaku saja berapa kali laptop atau pc kamu bermasalah karena sistem operasinya ternyata bajakan?

Bila sering, maka ini sudah saatnya untuk mulai berganti pada sistem operasi yang asli. Nah untuk sistem operasi dari Apple, Macintosh memang sangat kecil kemungkinan untuk bisa dibajak. Berbeda dengan sistem operasi Windows, dari Microsoft. Yang bajakannya mudah saja kamu dapatkan. Bahkan kadang kala, software yang kamu beli dan sangka asli ternyata bajakan.

Untuk software sistem operasi Windows bajakan ini sebenarnya merupakan tipe OEM. Dimana secara sistem mereka akan terbaca asli, berarti bisa kamu gunakan. Meski tak sesempurna sistem operasi aslinya pastinya. Namun yang pasti, sistem distribusinya tak seperti yang dianjurkan oleh Microsoft.

Nah agar kamu tak salah pilih (mengingat banyaknya toko komputer curang yang berkilah sistem operasi OEM yang mereka jual adalah asli), di bawah ini terdapat cara untuk membedakan mana software Microsoft yang asli dan mana yang ternyata merupakan bajakan tipe EOM. Simak penjelasannya ya.

1. Sistem operasi Windows asli

Yang pertama untuk sistem operasi Windows yang asli, ciri-ciri yang paling mudah dikenali tentu kamu membelinya dari toko dan retail resmi dari Microsoft. Atau bila kamu membeli komputer yang sudah terdapat sistem operasi tersebut, akan ada stiker khusus berhologram yang menunjukan bahwa komputer memang bawaan menggunakan sistem operasi Windows. Bila tidak, pastikan untuk meminta lisensi dan juga CD asli dari penjual.

Ciri kedua, sistem operasi Window asli bisa digunakan untuk banyak komputer namun dengan hanya satu kali memasukan kode lisensi saja. Jadi seperti ini, kamu misalnya berganti dari komputer baru ke komputer lama, tak perlu lagi membeli sistem operasi Window baru lagi. Cukup gunakan yang lama.

Ciri kedua, yang kamu dapatkan pastilah sistem operasi Window versi retail yang diperdangkan. Entah itu tipe pro atau tipe Home. Namun yang pasti kamu tak akan mendapatkan sistem operasi Windows tipe developer atau yang lainnya. Akan selalu tipe retail. Dan ciri paling pasti, harganya berkisar Rp 1,5 jutaan. Tak kurang.

2. Sistem operasi Windows OEM bajakan

Untuk jenis satu ini, ciri yang paling utama memang kamu membelinya bukan dari toko komputer resmi dari Window. Dan juga bukan suplier resmi dari Microsoft. Selain itu, harga untuk sistem operasi Windows palsu atau OEM bajakan biasanya berkisar antara Rp 50 ribu hingga Rp 500 ribu. Jauh sekali bukan dari harga yang asli?

Bila kamu membelinya sudah dalam bentuk terinstal pada laptop, maka di laptop tak ada stiker resmi Windows. Penjual pun biasanya akan beralasan untuk tak bisa memberikan lisensi dan juga CD asli dari sistem operasi Windows ini.

Ciri kedua, sistem operasi Window bajakan atau OEM ini memang bisa bekerja secara normal di server Windows. Yang mungkin membuat kamu berpikir sistem operasi yang gunakan adalah asli. Padahal bila dilakukan pemeriksaan fisik, sistem operasi tersebut tidak asli.

Ciri terakhir, tak bisa diinstal di banyak komputer. Ya, satu CD sistem operasi Windows OEM untuk satu komputer saja.

About Kisanak Prabu

Aku adalah seorang kapiten dan penulis yang selalu bahagia.